Sabtu, 31 Agustus 2013

Sehat Itu... Gak Harus Mahal.

Salah satu women internal anxieties adalah masalah kesehatan..
semakin dewasa semakin takut sakit, ada kekhawatiran tidak bisa menyelesaikan pekerjaan, mengurus keluarga dan biaya pengobatan yang mahal..

tapi sebagian  "women" juga jauh dari hidup sehat..
misalnya, malas olahraga..gak ada waktu buat olahraga, biaya ikut club olahraga mahal
sebagian gak suka sayur..
sebagian yang lain suka jajan sembarangan..asupan makanannya tidak dijaga.
belum lagi yang gampang stress, insomnia, dll..

Padahal banyak hal loh yang bisa dilakukan untuk sehat sekaligus hemat..

saya sendiri mencoba menerapkan gaya hidup sehat dengan mengacu pada 6S..apa itu?
6S adalah Smoke, Sugar, Sleep, Sun, Stress, dan Sport..

Smoke....Cukup tidak merokok.

Sugar...Kurangi konsumsi gula, bagi perempuan yang suka jajan-jajan manis harus dibatasi..sebenarnya gak cuma jajan manis, perempuan terkenal sebagian suka nyemil..entah itu makanan2 pedas, coklat, dll..sehingga yang perlu dibatasi adalah jajan makanan2 yang gak jelas..untuk ngemil bisa diganti dengan  buah, walau mungkin tidak seasyik ngemil makanan ringan, tapi bisa juga dibiasakan. Kebiasaan minum-minuman ber-rasa dalam kemasan juga bisa diganti dengan air putih..
saya sendiri gak prefer sama minuman-minuman isotonik yang beredar di pasar..walaupun "katanya" banyak kandungan yang bermanfaat. Apalagi minuman bersoda...aduh..minuman racun tuh menurut saya...:(

Berikutnya  Sleep...adalah tidur cukup..tidak berlebihan dan kurang..
adik perempuan saya sendiri mengalami insomnia yang berkepanjangan, dan itu sangat mengganggu pola sosialnya, dan sekaligus membuatnya jadi gampang sakit..

Sun, Mengurangi terpapar sinar matahari..kesehatan kulit menjadi penting untuk perempuan, termasuk saya. Jadi..perlu untuk menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan wajar. Seperti menggunakan lotion yang sesuai, memakai baju muslim dan jilbab..^^ untuk melindungi kulit kita dari sisi negatif matahari...

Stress, Menghindari stress dengan mengelola emosi..menjaganya tetap stabil, tidak mudah galau..caranya cari aktifitas produktif, tingkatkan ibadah, dan baca Alquran..^^ terbukti efektif loh...apalagi jika ditambah puasa. Puasa terbukti membuat jiwa lebih tenang dan stabil, terutama dalam menghadapi tekanan-tekanan...
entah tekanan pekerjaan, tekanan interaksi sosial, hingga tekanan jodoh...hahaha curcol...:d

Nah yang terakhir adalah sport...
Banyak ne perempuan-perempuan yang kurang aware dengan olahraga..
kemarin sempet ketemu temen lama di nikahan teman, ngobrol-ngobrol banyak hal, hingga sampai masalah olahraga..

faktanya dia terakhir olahraga waktu masih SMA, itupun karena mengikuti pelajaran olahraga.
Selama kuliah,  karena gak ada pelajaran olahraga lagi, plus aktifitas oraganisasi dan kuliah yang seabrek bikin gak sempet buat olahraga..

sepertinya gak cuma dia aja yang seperti itu, sebagian perempuan diluar sana mungkin juga sama..

memang untuk olahraga harus ada kemauan dan keistiqomahan..

saya sendiri, dulu sering mengalami masalah PMS..syndrom dismenorrhoe
karena cukup mengganggu, akhirnya saya gabung club senam aerobik ( sanggar senam wisesa)...semua anggotanya mama-mama, cuma dua orang saja yang masih single...termasuk saya. Kebetulan tempatnya deket kontrakan, plus murah juga..seminggu ada tiga kali kelas..mulainya ba'da magrib jam 18.30 sampai jam 20.00..Alhamdulillah, gangguan dismenorrhoe hilang..^^

Setelah saya pulang ke Sidoarjo, saya udah gak jadi member club lagi..
sekarang jenis olahraganya diganti, setiap hari ba'da shalat subuh selalu saya sempatkan buat streching, cardio, lalu jogging..dilanjutkan sit up..maksimal cuma sepuluh kali.. mulai jam 04.45 sampai 05.30..
paska itu bisa langsung beres-beres bantu ibu...

so....ada banyak cara kan untuk sehat sekaligus hemat..sehat itu gak harus mahal..luangkan waktu disela-sela kesibukan..ada banyak jenis olahraga yang hemat entah jogging atau bersepeda..tapi kalo ada rejeki lebih, jadi member club senam atau fitnes lebih baik.


Dont Worry Be Healthy ^^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar