Selasa, 28 Januari 2014

Perjalanan Menjemput Rejeki #Part 2

Segala puji bagi Allah yang hingga detik ini saya masih diberi banyak nikmat yang tak ternilai..

Melanjutkan tulisan yang sebelumnya, mencoba berbagi tentang pengalaman mengikuti tes di kementrian keuangan. Sebenernya mengikuti seleksi di Kemenkeu ditahun  2013 merupakan tahun kedua bagi saya, sebab ditahun 2012 saya pernah mengikuti, namun karena baru lulus dan tanpa persiapan akhirnya saya gagal ditahap pertama. Waktu itu tes pertama masih menggunakan sistem LJK belum CAT seperti sekarang ini. 

Mengikuti tes CPNS di Kemenkeu menurut saya tahapnya cukup singkat dibandingkan dengan tes di BI atau OJK. Menurut yang saya ingat, hanya ada tiga tahap saja.

Tahap pertama adalah tes wawasan kebangsaan dan kemampuan dasar, yang kesemuanya dilakukan dengan sistem CAT, terdapat 100 soal meliputi UUD, pancasila, sejarah, matematika, tes verbal, dll..saya lupa berapa waktu yang diberikan, mungkin 90 menit. Kelebihan sistem CAT ini adalah kita bisa mengukur waktu kita dalam mengerjakan soal, sekaligus mengetahui jumlah nilai kita diakhir pengerjaan soal. Sehingga kita dapat memperkirakan apakah kita lulus passing grade atau tidak.

Setelah dinyatakan lolos tahap pertama, Alhamdulillah saya diberikan kesempatan mengikuti tes tahap kedua, yaitu tes psikologi tertulis, tidak jauh berbeda dengan tes psikotes pada umumnya. Tes berlangsung sekitar 5 jam. Mengerjakan pauli, tes gambar, warteg, gambar orang, gambar pohon dll.

Saat dinyatakan lolos pada tahap psikotes maka kita berhak mengikuti tes tahap ketiga, yaitu tes wawancara akhir dan tes kesehatan serta kebugaran. Humm satu hal yang tidak pernah saya lupa pada tes tahap ini, karena ternyata tes wawancara saya di kemenkeu berbarengan dengan tes kesehatan saya di OJK. hehehe. Awalnya saya sempat panik dan mau melepas salah satunya, namun setelah mencari info kesana kemari ternyata tes kesehatan OJK bisa datang sedikit terlambat. Beruntungnya lagi, saya mendapat jadwal tes wawancara gelombang pertama yaitu pukul 08.00 - 09.15, sedangkan jadwal tes kesehatan OJK yaitu pukul 08.00 - 13.00.

Dengan penuh risiko kemungkinan tidak boleh ikut tes kesehatan OJK karena telat, saya tetap berangkat untuk tes wawancara kemenkeu, sesampainya disana saya menjadi orang ketiga yang datang. Sebelum wawancara kami diberi form yang harus diisi lalu mendapatkan nomor antrian. Alhamdulillahnya saya mengisi form lebih cepat dibandingkan yang lain sehingga saya mendapat nomor pertama untuk gelombang pertama. 

Saat dipanggil segera saya masuk dan mengikuti tes wawancara, sekitar 30 menit-40 menit ada 2 pewawancara yang akan menanyakan kita tentang banyak hal, jawab saja sejujurnya dan serileks mungkin. Diakhir tahap wawancara kita diberikan kesediaan menandatangani pernyataan bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia.

tepat pukul 08.45 saya keluar dari gedung kemenkeu di jagir, langsung saya menelpon taksi untuk menuju tempat tes kesehatan OJK di jalan darmo. Namun 10 menit menunggu, taksi yang saya telpon tak kunjung datang. Ditengah kepanikan tersebut, Allah seolah mendengar doa saya, tiba-tiba ada taksi yang datang dan berhenti di depan gedung kemenkeu. Langsung saya hampiri. Awalnya saya kira itu adalah taksi yang saya pesan, ternyata bukan. 

Alhamdulillah ya Allah..segera saya menuju lokasi tes kesehatan OJK dan saya cancel order taksi sebelumnya. 

Tepat pukul 09.15 saya tibai di lokasi tes kesehatan OJK, sesampainya disana sudah banyak sekali yang mengantri dan datang. Segera saya ke resepsionis dan registrasi, dan Alhamdulillah lagi saya masih diijinkan untuk ikut walaupun jadi orang yang terakhir..:)

maha besar Allah yang sudah mengijinkan saya mengikuti keduanya. 

hari berikutnya saya mengikuti tes kesehatan dan kebugaran kemenkeu di GOR Kertajaya Surabaya. jam 06.30 saya berangkat dari kost naik angkot, sesampainya disanapun sudah banyak yang mengantri. Saya mendapat no antrian 22.

Disana saya di tes tinggi badan, berat badan, visus mata, fisik dokter, hingga tes urin kehamilan untuk yang sudah menikah. Bahkan saya pun sempat di tes urin karena tidak dapat memberikan informasi pasti tanggal menstruasi terakhir, hehehe saya lupa soalnya.

setelah tes tersebut, berikutnya dalah tes kebugaran yaitu tes lari keliling lapangan 12 menit, yang dinilai adalah seberapa jauh jarak yang ditempuh selama waktu 12 menit tersebut. Setelah lari 12 menit, tes berikutnya adalah tes lari shuttel run, yaitu tes lari mengikuti jalur berbentuk angka 8, untuk tes ini yang dinilai adalah kecepatan lari kita, sehingga semakin cepat kita berlari,semakin bagus nilai kita.

Setelah tes wawancara dan tes kesehatan serta kebugaran, waktunya menunggu dan berdoa. :)

Alhamdulillah tgl 24 Desember 2013, saya dinyatakan diterima dua-duanya. Baik di Kemenkeu maupun di OJK. Walau akhirnya saya memilih berkontribusi di OJK, sungguh pengalaman ini berharga bagi saya dan semoga bermanfaat juga bagi yang lain.


6 komentar:

  1. salam kenal mb,, hebat ya keterima dua2nya.. oselamat ya mba ..:) oia mba aq thn ini ikut cpns kemenkeu..mau tanya teknik lari yang benar gmna ya,,dan lari selama 12 menit itu ga ngos2an.. aq 2putaran aja udah cape bgt mb. gmn ya mb teknik belari dengan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalu mu tanya2 lebih lnjut bisa hubi saya di 085646039612

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum mbak Yulia.

    Kita satu almamater dan satu fakultas mbak. Bahkan Allah mentakdirkan kita untuk jadi satu lagi ketika bekerja, yakni sama-sama di OJK. Hehe.

    Mantab mbak. Luar biasa. Sangat menginspirasi. Hehe. Semoga adikmu ini bisa terus belajar dari mbak ya.

    Kalau ada waktu boleh main-main ke blog saya mbak. Saya share juga pengalaman saya masuk PCS OJK batch 2

    http://mohammadvitrho.blogspot.com/2015/02/rekrutmen-pcs-ojk-batch-2-perjalanan.html?m=1

    BalasHapus
  4. misi mbak.. mau tanya. apakah tes kesehatan di ojk ada tes yang disuruh telanjang (maaf) seperti tes2 kepolisian dsb? terimakasih

    BalasHapus
  5. misi mbak.. mau tanya. apakah tes kesehatan di ojk ada tes yang disuruh telanjang (maaf) seperti tes2 kepolisian dsb? terimakasih

    BalasHapus