Sabtu, 18 Januari 2014

Perjalanan Menjemput Rejeki #Part 1

Tulisan ini lahir karena banyak teman-teman, terutama adik-adik yang bertanya, bagaimana sih mbak persiapannya, koq bisa diterima di OJK dan Kementrian keuangan? jadi walau sedikit amburadul, semoga tulisan ini cukup memotivasi dan membantu teman-teman dan adik-adik mempersiapkan diri.

Alhamdulillah..segala puji bagi Allah, atas kemurahan hatiNya, tanggal 24 Desember 2013, saya dinyatakan lolos sebagai pegawai di dua lembaga Negara luar biasa yaitu Otoritas Jasa Keuangan dan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. So, which blessing of your Lord will you deny?

Sesuai dengan tujuan awal tulisan ini dibuat, mungkin saya tidak akan membagi tips apapun, namun lebih menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti tahapan demi tahapan seleksi pada dua lembaga tersebut.

OTORITAS JASA KEUANGAN.

Tahap pertama adalah tentu saja mendaftarkan diri, semuanya online, cukup mengisi daftar riwayat hidup yang disediakan oleh PPM (lembaga pengembangan SDM yang diberikan kuasa oleh OJK untuk melakukan seleksi penerimaan pegawai baru). Nantinya tahap administrasi akan dinilai berdasarkan daftar riwayat hidup kita tersebut, saya tidak tahu indikator penilaiannya apa saja, sebab ada teman saya yang IPKnya cukup fantastis tidak lolos di tahap pertama  yaitu tahap seleksi administrasi.

Tahap Administrasi akan diumumkan langsung melalui website PPM, di account kita masing-masing. Nantinya semua pengumuman lolos/tidak lolos di setiap tahap akan diumumkan di account kita tersebut, jadi bersifat rahasia, dan hanya kita saya yang tahu apakah kita lolos atau tidak.

Setelah diumumkan lolos seleksi administrasi, kita akan menghadapi tes tahap ke-2 yaitu tes potensi akademik. Dalam tes ini ada banyak tes yang akan kita kerjakan. Waktu tes berkisar antara 5-6 jam.  Di tahap ini kita akan mengerjakan soal-soal kemampuan dasar (seperti kreplin, dll), tes kemampuan khusus (soal2 sesuai dengan bidang studi kita) karena saya lulusan manajemen keuangan, maka saya mengerjakan soal-soal tentang manajamen keuangan. Soal-soalnya adalah soal-soal materi manajeman keuangan selama kuliah. Jadi saya rasa tidak akan susah jika selama masa kuliah kita termasuk yang rajin belajar. Berikutnya adalah tes pengetahuan tentang ke OJKan, untuk tes yang satu ini kita harus banyak membaca tentang OJK, terutama nilai-nilai serta hal-hal yang tercantum didalam undang-undang OJK. Selain itu di tahap ini juga ada tes bahasa inggris. Dalam syarat administrasi dicantumkan bahwa peserta harus memiliki sertifikat ITP Toefl yang masih berlaku diatas 500. Bagi yang belum mengumpulkan harus mengikuti tes ini. Sedangkan  bagi yang sudah mengumpulkan tidak perlu untuk mengikuti tes ini.  Jadi saran saya, bisa dipersiapkan jauh-jauh hari untuk memiliki ITP toefl diatas 500.

Tahap setelah tes potensi adalah tes psikotes, waktu tes berlangsung sekitar 5 – 6 jam. Untuk tes psikotes, jadi diri sendiri saja, jawab semua bentuk tes dengan baik, tenang, dan tidak usah panik. Ikuti semua aturan yang diberikan, jangan mencoba curang hanya untuk memberikan jawaban yang lebih banyak misalnya memulai duluan sebelum ada perintah. Psikolog selalu punya penilaian sendiri tentang kemampuan dan kepribadian kita. Untuk mengurangi nervous, bisa juga berlatih dulu sebelumnya mengunakan buku-buka tes psikologi yang banyak dijual di toko buku. Namun itu tidak bisa kita jadikan acuan. Sebab soal-soal untuk tes psikotes OJK ternyata berbeda dengan soal-soal yang ada di buku-buku psikotes biasanya.

Tahap berikutnya adalah, Wawancara psikologi, waktu tesnya hanya 30 – 60 menit saja. Nanti kita akan banyak ditanyai oleh psikolog tentang diri kita, kegiatan kita, dan kehidupan kita, pokoknya seputar hasil tes psikologi tertulis yang kita lakukan sebelumnya. Tidak perlu berbohong untuk membuat psikolog terkesima, jawablah semua pertanyaan apa adanya, kalem, tenang, namun tegas dan meyakinkan, jika memang perlu berekspresi, berekspresilah, namun tetap control emosi dan attitude. Jika ada pertanyaan yang bersifat menjebak, misalnya kelemahan kita yang dibahas atau kejadian yang tidak menyenangkan dimasa lalu, maka jangan menyangkal, akui saya namun buat itu sediplomatis mungkin, tunjukkan bahwa banyak nilai yang kita dapat dari kelemahan dan kejadian-kejadian dimasa lalu tersebut.

Setelah dinyatakan lolos pada tahap ini, kita akan menghadapi tes verifikasi dokumen dan wawancara user. Tes ini akan dijadikan satu, selama wawancara dengan user, kita juga harus menyerahkan dokumen-dokumen seperti ijasah, transkrip, dan KTP untuk diperiksa. Dalam wawancara user sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan wawancara psikologi, hanya saja yang mewawancarai ada 2 orang dan kesemuanya adalah para petinggi di OJK. Pertanyaannya akan berkisar pada daftar riwayat hidup kita, dan pengetahuan kita tentang OJK. Maka kita harus banyak baca dan banyak tahu tentang OJK. Selain itu kita juga akan ditanyai tentang kontribusi apa yang bisa kita berikan ke OJK. Santai saja, bersikap sopan, gunakan bahasa yang baik dan benar, usahakan berpenampilan rapi, anggaplah kita sedang ngobrol dengan orang-orang yang ingin tahu pandangan kita tentang OJK. Tes ini berlangsung  sekitar 45 – 60 menit.

Nah saat ternyata kita dinyatakan lolos dalam tahap verifikasi dokumen dan wawancara user, selamat..itu artinya tinggal satu tahap tes lagi yang harus kita lalui, yaitu tes kesehatan. Di Surabaya, tes kesehatan dilaksanakan di laboratorium kimia farma jalan raya darmo Surabaya. Tesnya meliputi tes urin, tinggi badan dan berat badan, EKG (rekam jantung), tes fisik dokter (diperiksa semua kondisi anggota badan kita), tes visus mata, serta rontgen.Tidak perlu khawatir akan hasilnya, selama kita yakin bahwa selama ini kita sudah menerapkan hidup sehat, tidak merokok, suka olahraga, dan menjaga makanan maka kita bisa tenang dalam tahap tes ini.  Tidak hanya itu, dalam tes kesehatan ini juga ada tes psikiatri, yaitu tes untuk melihat kondisi kesehatan jiwa kita, intinya kita mengalami gangguan psikologis atau tidak..hehehe. Ada sekitar 300-600 pertanyaan yang harus kita kerjakan, pertanyaannya mudah, hanya menjawab ya atau tidak dari pernyataan yang ada. Jawablah se spontan mungkin, tidak perlu terlalu banyak mikir, sekali lagi cukup jadi diri sendiri.

Setelah tes kesehatan berlangsung, tinggal menunggu deh, kencengin doa, ibadah dan prasangka baik pada Allah..biasanya dari satu tahap tes ke tahap yang lain memakan waktu cukup lama antara 2 minggu sampai 1 bulan. Maka memang harus banyak bersabar, selalu cari kegiatan untuk mengupgrade diri, hindari galau hanya karena menunggu pengumuman yang tak kunjung datang, cari kesempatan lain yang mungkin ada di luar sana. ;)

Semoga bermanfaat..
-Bersambung ke cerita selanjutnya tentang proses seleksi di Kementrian Keuangan..

14 komentar:

  1. entah, yang saya rasakan ini benar atau salah. setelah membaca tulisan mbak yulia, ternyata tidak serumit dan senegatif yg saya pikirkan. 3 poin krusial tapi sederhana: menjadi diri sendiri, berdoa, dan "lakukan saja"

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang :)kadang berusaha yang terlalu keras akan membuat kita kehilangan kendali atas diri kita. Sungguh berbeda antara persiapan matang namun tenang, dengan persiapan keras namun hati kita banyak prasangka, terlalu ngoyoh, sebab yang pertama membawa kepuasan saat berhasil namun membawa keikhlasan saat gagal, sedang yang kedua membawa kepuasan saat berhasil namun membawa kekecewaan dan keputusasaan saat gagal. apa yang perlu dikhawatirkan? jika kita sudah mempersiapkan, sudah berusaha, dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya ikhtiar kita. Bukankah saat kita sudah mengusahakan yang terbaik, maka pasti Allah akan memberikan yang terbaik.

      Hapus
  2. kk, kemaren kk ikut tes toefl atau bawa sertifikat sendiri? kalo kk pakek sertifikat toefl sendiri, sertifikat yg bagaimana itu kk? sertifikat yg bgimn yg diakui/diterima ojk? mohon pencerahannya kk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sertifikat yg saya punya sudah expired, saya ikut tes dari OJK, yang diakui adalah yng toefl ITP, yang dikeluarkan oleh ETS. biaya tesnya biasanya bervariasi ada antara 275rb-350rb

      Hapus
  3. TOEFL ITP yg dikeluarkan dari ETS itu dapat nya dari lembaga yg bagaimana kk? bgimn kita bisa mengenali lembaga yg diakui tau tidak oleh OJK? ada gk y kk daftar lembaga yg diakui utk mengeluarkan sertifikt TOEFL oleh OJK di internet?

    BalasHapus
  4. http://englishdashboard.blogspot.com/2013/04/daftar-test-center-toefl-itp-di-seluruh.html

    BalasHapus
  5. Wah Mba.. makasih ya infonya. Mohon doanya ya semoga saya bisa keterima dan berkontribusi disana.. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin salam kenal :) saya doakan semoga keinginannya tercapai ya..

      Hapus
  6. Subhanllah, semoga barokah dunia dan akhirat mbk..

    Saat ini saya juga sedang berjuang menjemput rejeki Allah,
    Melalui tulisan ini, kembali saya perbaiki niat saya dalam berikhtiar. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..semangat dek, berprasangka baik saja selalu pada Allah, ketetapanNya tidak akan pernah salah :)

      Hapus
  7. alhamdulillah, terima kasih banyak ya sharingnya..

    BalasHapus
  8. Kak, kenapa kk lebih memilih OJK dibanding Kemenkeu? Bisa dijabarkan ga kak, alasannya kenapa.. Tolong dijawab ya kak:)

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Aplikasi Informasi Lowongan OJK 2016
    Berisi informasi isu terkini jadwal lowongan OJK dan link-link referensi untuk mengikuti dan lolos jadi pegawai OJK 2016.
    Tanpa banyak buang waktu, Anda bisa mempelajari trik-trik untuk lolos tes menjadi pegawai OJK.
    Download di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pld.lowonganojkp

    BalasHapus