Rabu, 02 Januari 2013

Mahasiswa Berprestasi Part 2


Salam hangat dan semangat…:D
Maha besar Allah yang tidak pernah sedikitpun mengurangi nikmat dan kasih sayangnya…
Alhamdulillah, senang rasanya bisa berbagi lagi dengan teman – teman yang selalu semangat berprestasi ;D
Dalam notes sebelumnya saya sudah membahas panjang lebar tentang persiapan fisik untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Kali ini saya akan mencoba mengulas tentang persiapan non fisik yang sudah pernah saya singgung  juga sebelumnya. Setelah teman – teman sudah sukses mempersiapkan ke 13 poin yang sudah saya sebutkan diawal..its means congratulation..;D sebab saya pastikan  teman – teman akan lolos dari tahap administrasi dan memasuki tahap pemilihan mahasiswa berprestasi.  Tahap ini biasanya di laksanakan selama satu hari di fakultas masing – masing. Karena seleksi awal mahasiswa berprestasi dilakukan di tingkat fakultas terlebih dahulu. So apa yang harus teman – teman siapkan selama satu hari ini….lets we break down one by one. .
Dalam satu hari ini, teman – teman akan lebih banyak di uji tentang aspek persiapan non fisik dari ke 13 poin yang sudah teman – teman persiapkan dalam tahap administrasi.

*saya selipkan foto waktu presentasi mawapres tingkat universitas, alhamdulillah runner up :)
  1. Yang pertama adalah test interview, teman – teman akan dihadapkan pada satu juri yang akan menanyakan segala hal tentang kehidupan teman – teman. Termasuk semua informasi yang sudah teman –teman tulis dalam form mahasiswa berprestasi.  Mulai dari prestasi, rencana kedepan, passion, keluarga, bahkan sampai kepada apakah kita sudah punya pacar atau belum? :D..pertanyaannya bisa apa saja..Just be ur self ( jadi ingat motto jaman SD..hehehe) tidak perlu berbohong untuk membuat juri terkesan.
  2. Test kepribadian. Tidak berbeda dengan test interview, dalam test kepribadian ini akan ada satu juri kepribadian yang akan memberikan banyak pertanyaan kepada teman-temen. .mulai dari masalah keluarga, kesulitan yang pernah di alami dalam hidup, dll..dalam test kepribadian berusahalah menjawab semua pertanyaan dengan wajar. Sebab saat kita mengarang jawaban atau mengarang cerita justru akan memberikan kesan yang tidak baik. Kalaupun ada cerita sedih yang harus diceritakan, cukuplah bercerita dengar wajar..tidak perlu didramatisir…juri mencari kepribadian yang independen, tegar, serta cerdas secara sosial..atau kalau dalam bahasa saya, saya sebut sebagai mereka yang beraklaq baik. Test ini tidak bisa di persiapkan hanya dalam semalam. Butuh waktu yang cukup lama untuk menjadi pribadi dengan kepribadian yang luar biasa. Jika kita merasa belum punya kepribadian yang di maksud, segera berusaha melatih diri. Pilih lingkungan dengan teman- teman yang akan membaikkan kita juga…;D
  3. Presentasi karya tulis. First think first yang harus teman – teman siapkan adalah power point yang baik. Ingatlah teori dasar bahwa semua orang menyukai surprise , sebagian besar orang akan mudah mengingat suatu hal yang berbeda, unik, dan lain dari bisanya. Berangkat dari hal tersebut maka buatlah presentasi yang tidak biasa, perhatikan animation, pemilihan warna, dan tampilan huruf pada power point yang akan kita buat. Jika perlu buat opening presentasi yang “membahana” seperti diawali oleh video, membaca puisi, berpantun, atau yang lain. Hindari menampilkan terlalu banyak tulisan. Gunakan lebih banyak bahasa gambar. Sebab power point hanya alat bantu, penilaian jauh lebih besar dari apa yang teman - teman sampaikan kepada juri. Usahakan mengingat materi diluar kepala. Minimalisir frekuensi melihat power point. Hindari dengan keras membacakan kepada juri apa yang sudah anda tulis di power point. Bahasa tubuh, intonasi suara, dan tatapan mata akan menjadi poin besar dalam penampilan teman – teman saat berpresentasi. Usahakan pula berpenampilan yang rapi dan sesuai. .:D
  4. Test kemampuan bahasa inggris. Dalam test ini biasanya ada banyak jenis test yang mungkin saja di lakukan. Misalnya teman – teman harus mengambil kertas undian yang sudah dipersiapkan dewan juri secara acak. Di dalam kertas tersebut terdapat tema, permasalahan, atau pertanyaan. Selanjutnya teman- teman akan diberi waktu selama 3 menit untuk menjawab pertanyaan atau memaparkan tema tersebut dalam bahasa inggris. Bentuk test yang lain bisa berupa pertanyaan dalam bahasa inggris seputar  karya tulis yang telah kita presentasikan .
  5. Selamat mencoba, dan selalu berdoa. . .:D sebab ada Maha pemberi pertolongan, Dia Maha pembuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, the invisible hand..yang akan senantiasa membantu kita saat kita juga selalu berdoa dan senantiasa PeDeKaTe kepadaNya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar